Dalam pelaksanaannya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:
A. Atasan PPID Pelaksana, bertugas:
- menunjuk PPID Pelaksana pada Unit Kerja Satuan Polisi Pamong Praja;
- menyelesaikan keberatan atas Permintaan Informasi Publik pada Satuan Polisi Pamong Praja;
- mewakili PD di dalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi dan/atau di Pengadilan; dan
- melakukan pembinaan dan pengawasan atas pelaksanaan kebijakan Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID Pelaksana pada Satuan Polisi Pamong Praja dan PPID Pelaksana pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota/Kabupaten Administrasi.
B. Atasan PPID Pelaksanan berwenang:
- membantu PPID Utama melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangannya;
- melaksanakan kebijakan teknis layanan Informasi Publik yang telah ditetapkan PPID Utama;
- mengonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik;
- mengumpulkan dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi Publik pada PD dan PPID Pelaksana pada UKPD;
- membantu PPID Utama melakukan verifikasi bahan Informasi Publik;
- membantu membuat, mengelola, memelihara dan memutakhirkan Daftar Informasi Publik;
- menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan Informasi Publik agar mudah diakses oleh publik; dan
- menyampaikan laporan pelaksanaan layanan Informasi Publik kepada PPID Utama
C. PPID Pelaksana, bertugas untuk:
- menunjuk PPID Pelaksana pada Unit Kerja Satuan Polisi Pamong Praja;
- menyelesaikan keberatan atas Permintaan Informasi Publik pada Satuan Polisi Pamong Praja;
- mewakili PD di dalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi dan/atau di Pengadilan; dan
- melakukan pembinaan dan pengawasan atas pelaksanaan kebijakan Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID Pelaksana pada Satuan Polisi Pamong Praja dan PPID Pelaksana pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota/Kabupaten Administrasi.
D. PPID Pelaksanan berwenang:
- meminta dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi Publik pada PD dan PPID Pelaksana pada UKPD sesuai dengan lingkup tugasnya;
- meminta klarifikasi kepada Petugas Pelayanan Informasi Publik pada PD dan PPID Pelaksana pada UKPD sesuai dengan lingkup tugasnya dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
- menetapkan Daftar Informasi Publik yang telah dimutakhirkan; dan
- menugaskan Petugas Pelayanan Informasi Publik pada PD dalam penyiapan dokumen untuk membantu PPID Utama melaksanakan Pengujian Konsekuensi atas Informasi Publik yang akan dikecualikan, pembuatan pertimbangan tertulis dalam hal suatu Informasi Publik dikecualikan, dan/atau permintaan Informasi Publik ditolak.
E. PPID Pelaksana pada UKPD, bertugas untuk:
- membantu PPID Utama dan PPID Pelaksana pada PD melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangannya;
- melaksanakan kebijakan teknis layanan Informasi Publik yang telah ditetapkan PPID Utama;
- mengonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik;
- mengumpulkan dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi Publik UKPD;
- membantu PPID Utama dan PPID Pelaksana pada PD melakukan verifikasi bahan Informasi Publik;
- membantu membuat, mengelola, memelihara dan memutakhirkan Daftar Informasi Publik;
- menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan Informasi Publik agar mudah diakses oleh publik; dan
- menyampaikan laporan pelaksanaan layanan Informasi Publik kepada PPID Utama dan PPID Pelaksana pada PD.
F. PPID Pelaksanan pada UKPD berwenang:
- meminta dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi Publik UKPD;
- meminta klarifikasi kepada Petugas Pelayanan Informasi Publik UKPD dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
- menetapkan Daftar Informasi Publik yang telah dimutakhirkan; dan
- menugaskan Petugas Pelayanan Informasi Publik UKPD dalam penyiapan dokumen untuk membantu PPID Utama dan PPID Pelaksana pada PD dalam melaksanakan Pengujian Konsekuensi atas Informasi Publik yang akan dikecualikan, pembuatan pertimbangan tertulis dalam hal suatu Informasi Publik dikecualikan, dan/atau permintaan Informasi Publik ditolak.