Detail Berita

Satpol PP DKI Jakarta dan Jajaran Pemprov DKI Jakarta Bersiap Sambut Hari Lahir Pancasila

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kerja bakti membersihkan kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (27/05/2023).

Kegiatan itu dilakukan dalm rangka persiapan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyampaikan, kegiatan itu dilakukan untuk mempersiapkan Monas sebagai lokasi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional.

"Kita dipercaya dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di mana kawasan Monas akan dijadikan lokasi Upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. Upaya ini sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab untuk mendukung kelancaran acara" Ujar Sigit

Aksi bersih-bersih Monas didukung oleh petugas PPSU dari lima wilayah kota dan pasukan pelangi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, termasuk juga Satpol PP.

Sigit menuturkan, seluruh kawasan Monas akan dibersihkan dan dibantu oleh Komunitas Delman Monas, untuk semakin menguatkan sinergi Pemprov DKI Jakarta dengan mereka yang biasa beraktivitas di Monas. 

"Lebih dari 3.000 petugas dan kendaraan operasional dari masing-masing OPD mendukung kegiatan ini. Harapannya, aksi bersih-bersih ini bisa direplikasi di semua wilayah kota. Sehingga, kebersihan, kenyamanan dan ketenteraman di DKI Jakarta bisa terwujud. Apa yang menjadi cita provinsi, yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia, bisa kita wujudkan bersama-sama," Sambungnya

Sementara itu, Koordinator Komunitas Delman Monas, Nanang menambahkan, keikutsertaan komunitas dalam acara bersih-bersih Monas sebagai wujud kepedulian terhadap tempat mereka mencari nafkah. 

"Kami peduli dengan tempat pencarian nafkah kami. Teman-teman sopir delman di sini juga memperhatikan kebersihan kawasan di mana titik kami biasa beroperasi atau naik-turun penumpang," ungkap Nanang.

Ia menyebut, pihaknya juga peduli terhadap kesehatan kuda delman di DKI Jakarta yang disebutnya sebagai Gerakan Peduli Kuda Pekerja.

Di antaranya, pemberian vitamin, vaksin, dan rutin mengecek kesehatan kuda agar tidak terkena penyakit. 

"Kami juga bersinergi dengan Jakarta Animal Network, sehingga kuda-kuda ini benar-benar dipantau kesehatannya. Semua biaya pengobatan gratis yang berasal dari sumbangan kepada komunitas. Saat ini yang aktif di Monas ada 45 kuda, tapi untuk se-DKI Jakarta ada 347 kuda. Tersebar di Jakarta Timur, Utara, dan Selatan," Pungkasnya.

 

https://www.sonora.id/read/423798012/pemprov-dki-jakarta-bersiap-sambut-hari-lahir-pancasila